IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA UNTUK MEMPREDIKSI WAKTU DAN BIAYA PENGERJAAN PROYEK KONSTRUKSI

 

JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

Implementasi Algoritma Genetika untuk Memprediksi Waktu dan Biaya Pengerjaan Proyek Konstruksi

 

Kevin Krisnandi1, Halim Agung2

 

12Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain,

Universitas Bunda Mulia, Jakarta

 

Jl. Lodan Raya No 2, Jakarta 14430

 

e-mail : 2hagung@bundamulia.ac.id

 

ABSTRAK

 

Pada beberapa proyek konstruksi yang dikerjakan oleh beberapa perusahaan memiliki tahapan dalam pengerjaannya. Dalam pengerjaan proyek tentu akan mengalami banyak kendala baik berasal dari internal atau dari eksternal. kendala yang dihadapi adalah waktu dan biaya penyelesaiannya. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut maka dip erlukannya sebuah aplikasi yang dapat memprediksi penggunaan biaya dan waktu sehingga proyek yang dikerjakan sesuai dengan harga dan waktu yang telah disepakati. Algoritma yang digunakan untuk membangun aplikasi yang dapat memprediksi waktu dan biaya pengerjaan proyek konstruksi adalah algoritma genetika. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 98.72% keakuratannya dalam memprediksi waktu dan biaya pengerjaan proyek konstruksi yang dimana aplikasi ini dapat memberikan output berupa hasil prediksi waktu dan biaya pengerjaan proyek konstruksi berdasarkan luas tanah yang di input dan pemilihan kromosom. Kromosom yang dimaksud adalah salah satu pekerjaan dari masing - masing proyek, yang memiliki luas tanah dengan selisih 5 angka dari luas tanah yang di input. Hasil ini didapat dengan total pengujian sebanyak 25 kali pengujian.

 

Kata kunci: Algoritma Genetika, Biaya, Konstruksi, Kromosom, Proyek, Waktu.

 

1.       PENDAHULUAN

 

Perusahaan Konstruksi memiliki tahapan – tahapan dalam pengerjaan suatu proyek konstruksi. Dalam pengerjaan proyek tentu akan banyak kendala yang dihadapi. Kendala tersebut dapat berasal dari internal atau dari dalam maupun dari eksternal atau dari luar. Kendala - kendala ini menyebabkan waktu dan biaya dari suatu proyek menjadi tidak sesuai dengan kesepakatan yang sudah disepakati pada awal perjanjian.

 

Maka dari itu diperlukannya Aplikasi Prediksi Waktu dan Biaya Pengerjaan Proyek Konstruksi agar perusahaan dapat memperkirakan waktu dan biaya yang diperlukan sehingga proyek dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Selain memprediksi aplikasi ini juga dapat memberikan solusi kepada Mandor apabila terjadi kendala dalam mengerjakan proyek konstruksi sehingga proyek dapat berjalan sesuai dengan waktu yang telah diprediksikan. Untuk memperoleh hasil yang akurat diperlukannya suatu Algoritma yang digunakan pada Aplikasi Prediksi Waktu dan Biaya Pengerjaan Proyek Konstruksi, yaitu Algoritma Genetika yang membantu perusahaan konstruksi melakukan prediksi waktu dan biaya yang diperlukan dalam menyelesaikan sebuah proyek pembangunan.

 

Peneliti terdahulu membahas mengenai sistem rekomendasi wisata kuliner [1] dan disimpulkan bahwa dalam sistem rekomendasi wisata kuliner dengan menggunakan Algoritma Genetika, nilai fitness terbaik didapatkan dari metode crossover dengan satu titik potong dan mutasi dengan pergeseran gen. Kombinasi metode crossover dan mutasi ini menghasilkan nilai fitness rata-rata sebesar 924. Kemudian dalam penelitian penerapan Algoritma Genetika

 

[2]  pada aplikasi Struktur Backpropagation Neural Network untuk Klasifikasi Kanker Payudara yang menyimpulkan bahwa Metode Neural Network yang parameternya dioptimalkan menggunakan algoritma genetika terbukti mampu menghasilkan nilai rata-rata akurasi yang tinggi yaitu sebesar 97,00% untuk studi kasus deteksi kanker payudara. Sedangkan dalam penelitian yang menerapkan algoritma genetika pada optimalisasi penempatan SVC untuk memperbaiki profil tegangan [3] yang menyimpulkan bahwa injeksi daya reaktif dari SVC menyebabkan penurunan rugi-rugi transmisi dari 148,551 MW dan 1207,757 MVAR menjadi 142,940 MW dan 1145,586 MVAR atau rugi-rugi daya aktif turun sebesar 3,77% dan rugi-rugi daya reaktif turun sebesar 5,15%. Pemasangan SVC juga dapat memperbaiki profil tegangan pada setiap bus pada batas-batas yang ditentukan yaitu antara 0.95 pu dan 1.05 pu. Pada penelitian Usulan Perbaikan Rute pendistribusian beras bersubsidi menggunakan algoritma genetika [4] yang menyimpulkan bahwa terdapat bagian tur yang memiliki urutan rute dan waktu penyelesaian yang sama dengan hasil penentuan tur penelitian sebelumnya. Hal ini terjadi pada tur ke-55 (0-6-0) menggunakan algoritma nearest neigbour sedangkan dalam operasi algoritma genetika terdapat pada tur nomor 22 dengan Pc = 0.2 dan Pm= 0.07.

 

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

90


JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

2.       LANDASAN TEORI

 

 

Algoritma Genetika (AG) [5] adalah suatu algoritma pencarian yang berbasis pada mekanisme seleksi alam dan genetika. Algoritma genetika merupakan salah satu algoritma yang sangat tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi kompleks, yang sulit dilakukan oleh metode konvensional. Sifat algoritma genetika adalah mencari kemungkinan - kemungkinan dari calon solusi untuk mendapatkan yang optimal bagi penyelesaian masalah. Ruang cakupan dari semua solusi yang layak, yaitu obyek - obyek di antara solusi yang sesuai, dinamakan ruang pencarian. Tiap titik dalam ruang pencarian mempresentasikan suatu solusi yang layak. Tiap solusi yang layak dapat ditandai dengan nilai fitness. Algoritma genetika bergerak dari suatu populasi kromosom (bit string yang direpresentasikan sebagai calon solusi suatu masalah) ke populasi baru dengan menggunakan 3 operator yaitu seleksi, crossover dan mutasi. Kromosom - kromosom yang diseleksi menurut nilai fitness masing - masing. Kromosom yang kuat mempunyai kemungkinan tinggi untuk bertahan hidup pada generasi berikutnya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi kromosom lemah untuk tetap bertahan hidup. Proses seleksi tersebut kemudian ditentukan oleh kromosom

 

-   kromosom baru (offspring) melalui proses crossover dan mutasi dari kromosom yang terpilih (parents). Dari dua proses tersebut di atas maka terbentuk suatu generasi baru yang akan diulangi terus-menerus hingga mencapai suatu konvergensi, yaitu sebanyak generasi yang diinginkan [5].

 

3.2 Struktur Umum Algoritma Genetika

Algoritma genetika secara umum dapat diilustrasikan dalam diagram alir berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1 Diagram Alir Algoritma Genetika

 

Algoritma genetika [5] memberikan suatu pilihan bagi penentuan nilai parameter dengan meniru cara reproduksi genetika, pembentukan kromosom baru serta seleksi alami seperti yang terjadi pada makhluk hidup. Variabel dan parameter yang digunakan pada algoritma genetika adalah (a) Fungsi fitness (fungsi tujuan) yang dimiliki oleh masing-masing individu untuk menentukan tingkat kesesuaian individu tersebut dengan kriteria yang ingin dicapai, (b) Populasi jumlah individu yang dilibatkan pada setiap generasi, (c) Probabilitas terjadinya persilangan (crossover) pada suatu generasi, (d) Probabilitas terjadinya mutasi pada setiap individu, (e) Jumlah generasi yang akan dibentuk yang menentukan lama penerapan AG.

 

3.3 Pengkodean

 

Pengkodean adalah suatu teknik untuk menyatakan populasi awal sebagai calon solusi suatu masalah ke dalam suatu kromosom [6] sebagai suatu kunci pokok persoalan ketika menggunakan algoritma genetika. Berdasarkan jenis simbol yang digunakan sebagai nilai suatu gen, metode pengkodean dapat diklarifikasikan sebagai berikut: pengkodean biner, bilangan riil, bilangan bulat dan struktur data.

 

3.4 Operator Genetika

 

Operator genetika digunakan setelah proses evaluasi tahap pertama untuk membentuk suatu populasi baru dari generasi sekarang. Operator - operator tersebut adalah operator seleksi, crossover dan mutasi [5]. Seleksi bertujuan memberikan kesempatan reproduksi yang lebih besar bagi anggota populasi yang paling fit. Langkah pertama dalam seleksi ini adalah pencarian nilai fitness. Masing-masing individu dalam suatu wadah seleksi akan menerima probabilitas reproduksi yang tergantung pada nilai objektif dirinya sendiri terhadap nilai objektif dari semua individu dalam wadah seleksi tersebut. Nilai fitness inilah yang nantinya akan digunakan pada tahap - tahap seleksi berikutnya

 

[7].  Ada beberapa metode bagaimana memilih kromosom yang sering digunakan antara lain adalah seleksi roda rolet (roulette wheel selection), seleksi rangking (rank selection), dan seleksi turnamen (tournament selection) [5].

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

91


JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

                                

Crossover bertujuan menambah keanekaragaman string dalam satu populasi dengan penyilangan antar string yang diperoleh dari reproduksi sebelumnya. Operator mutasi merupakan operasi yang menyangkut satu kromosom tertentu. Beberapa cara operasi mutasi diterapkan dalam algoritma genetika menurut jenis pengkodean terhadap phenotype, antara lain mutasi dalam pengkodean biner, pengkodean permutasi, pengkodean nilai, dan pengkodean pohon.

 

3.       HASIL DAN PEMBAHASAN

 

3.1 Analisis Kebutuhan Fungsional

 

Berdasarkan permasalahan yang terjadi, dibutuhkan aplikasi prediksi waktu dan biaya pengerjaan proyek konstruksi menggunakan Algoritma Genetika. Aplikasi prediksi, melakukan prediksi berdasarkan data – data dan SOP riil dari perusahaan konstruksi. Data - data yang digunakan mulai dari pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) sampai proses pengerjaan pembangunan. Hasil pembuatan RAB sampai proses pembangunan yang diambil dari data asli perusahaan konstruksi, yang kemudian akan dianalisa sehingga dapat menghasilkan prediksi biaya dan waktu yang diperlukan untuk proyek pembangunan selanjutnya.

 

3.2 Tahapan Algoritma Genetika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2 Flowchart Algoritma Genetika (seleksi)

 

Untuk melakukan prediksi user akan mengisi luas tanah yang mau diprediksi kemudian setelah memilih proyek user akan memilih 5 RAB yang akan dijadikan sebagai kromosom untuk diseleksi. Aplikasi akan menentukan nilai fitness kromosom dengan cara menjumlahkan total harga dan total waktu pengerjaan kemudian dibagi 2. Kemudian aplikasi akan melakukan perhitungan total fitness, fitness relatif dan fitness kumulatif. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak dengan angka antara 0 sampai 1. Aplikasi akan membandingkan antara bilangan acak dengan nilai fitness kumulatif yang akan menghasilkan kromosom baru dari hasil seleksi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3 Flowchart Algoritma Genetika (crossover)

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

92


JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

Kromosom hasil seleksi akan dilakukan crossover. Menentukan peluang crossover, misalkan Pc = 0.40, yang berarti 40% dari kromosom akan mengalami crossover. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak. Kemudian 2 buah kromosom dengan bilangan acak kurang dari nilai peluang crossover akan mengalami crossover. Melakukan crossover dari 2 kromosom induk sehingga menghasilkan keturunan baru.

 

3.3 Flowchart System

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4 Flowchart Aplikasi Prediksi

 

Gambar di atas adalah flowchart sistem aplikasi prediksi. Terdapat beberapa tahap dalam melakukan prediksi, yaitu untuk melakukan prediksi user akan mengisi luas tanah yang mau diseleksi. Setelah memilih proyek user akan memilih 5 RAB yang akan dijadikan sebagai kromosom untuk diseleksi. Aplikasi akan menentukan nilai fitness kromosom dengan cara menjumlahkan total harga dan total waktu pengerjaan kemudian dibagi 2. Kemudian aplikasi akan melakukan perhitungan total fitness, fitness relatif dan fitness kumulatif. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak dengan angka antara 0 sampai 1. Aplikasi akan membandingkan antara bilangan acak dengan nilai fitness kumulatif yang akan menghasilkan kromosom baru dari hasil seleksi. Kromosom hasil seleksi akan dilakukan crossover. Menentukan peluang crossover, misalkan Pc = 0.40, yang berarti 40% dari kromosom akan mengalami crossover. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak. Kemudian 2 buah kromosom dengan bilangan acak kurang dari nilai peluang crossover akan mengalami crossover. Melakukan crossover dari 2 kromosom induk sehingga menghasilkan keturunan baru.

 

3.4 Data Flow Diagram

 

External entity yang terlibat dalam program adalah: Project Manager, Konsultan, User, Mandor dan Purchasing. Project Manager memberikan input dan menerima output data proyek. Konsultan memberikan input dan menerima output data pekerjaan, data solusi dan data masalah. User memberikan input dan menerima output data prediksi. Mandor memberikan input dan menerima output data pekerjaan, data solusi dan data masalah. Purchasing memberikan input dan menerima output data PO.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5 Diagram konteks Aplikasi Prediksi

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

93


JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

Pada diagram konteks menjelaskan bahwa Project Manager mengisi data proyek pada aplikasi prediksi. Purchasing membuat PO berdasarkan data proyek yang diisi Project Manager yang diterima. Konsultan akan mengisi pekerjaan berdasarkan data proyek yang diterima. Data rincian pekerjaan yang diberikan oleh konsultan akan diterima oleh Mandor. Mandor akan mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh konsultan dan akan memasukkan data waktu penyelesaian pekerjaan. Apabila Mandor mengalami masalah dan masalah tersebut belum ada di dalam daftar masalah maka Mandor akan mengisi masalah baru yang dialami di aplikasi prediksi. Masalah baru yang diisi oleh Mandor akan di terima oleh Konsultan dan Konsultan akan memberikan solusi dari masalah baru tersebut kepada Mandor melalui aplikasi prediksi. Konsultan akan mengisi solusi baru untuk masalah baru yang dialami oleh Mandor di aplikasi prediksi. Aplikasi prediksi akan memberikan solusi dari masalah baru yang dialami oleh Mandor. Untuk melakukan prediksi User harus mengisi data proyek terlebih dahulu terlebih dahulu melalui aplikasi prediksi. Aplikasi prediksi akan memberikan hasil prediksi berdasarkan isian yang diisi oleh User.

 

3.5 Implementasi Algoritma Genetika

 

Proses yang pertama terjadi dalam algoritma genetika adalah proses seleksi. Proses seleksi akan dilakukan dengan cara seleksi pada RAB. Seleksi yang dilakukan menggunakan Roda Rolet dengan cara pertama kali untuk melakukan prediksi user akan memilih proyek yang akan diprediksi. Setelah memilih proyek user akan memilih 5 RAB yang akan dijadikan sebagai kromosom untuk diseleksi. Aplikasi akan menentukan nilai fitness kromosom dengan cara menjumlahkan total harga dan total waktu pengerjaan kemudian dibagi 2. Menentukan nilai fitness dari masing - masing kromosom dan cari total nilai fitness. Kemudian hitung fitness relatif tiap individu. Setelah itu hitung juga fitness kumulatifnya. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak dengan angka antara 0 sampai 1. Aplikasi akan membandingkan antara bilangan acak dengan nilai fitness kumulatif yang akan menghasilkan kromosom baru dari hasil seleksi. Kromosom hasil seleksi akan dilakukan crossover. Menentukan peluang crossover, misalkan Pc = 0.25, yang berarti 25% dari kromosom akan mengalami crossover. Aplikasi akan membangkitkan 5 buah bilangan acak dengan angka antara 0 sampai 1. Kemudian 2 buah kromosom dengan bilangan acak kurang dari nilai peluang crossover akan mengalami crossover. Melakukan crossover dari 2 kromosom induk sehingga menghasilkan keturunan baru. Berikut contoh proses seleksi:

 

Tabel 1 Tabel Seleksi Roda Rolet

 

Kro

 

 

Tot

 

 

 

RAB

Total

al

Nilai

 

 

moso

Pk

Qk

Proyek

Harga

Har

Fitness

m

 

 

 

 

i

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rumah

 

 

 

 

 

 

Tipe

Rp

 

 

 

 

 

LB 21

 

7446503

0.1476

0.1476

1

148.930.0

61

LT 60

0.5

38

38

 

00,-

 

 

(1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

Rumah

 

 

 

 

 

 

Tipe

Rp

 

 

 

 

 

LB 36

 

9546503

0.1892

0.3369

2

190.930.0

76

LT 60

8

73

11

 

00,-

 

 

(1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rumah

 

 

 

 

 

 

Tipe

Rp

 

 

 

 

 

LB 36

 

1033430

0.2048

0.5418

3

206.686.0

76

LT 72

38

93

04

 

00,-

 

 

(1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

Rumah

 

 

 

 

 

 

Tipe

Rp

 

 

 

 

 

LB 36

 

1151600

0.2283

0.7701

4

230.320.0

76

LT 90

38

22

26

 

00,-

 

 

(1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

Rumah

 

 

 

 

 

 

Tipe

Rp

 

 

 

 

 

LB 45

 

1159430

0.2298

 

5

231.886.0

88

1

LT 72

44

74

 

00,-

 

 

 

(1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

Tabel di atas merupakan contoh tabel seleksi roda rolet. Setelah itu program akan menampilkan 5 buah angka acak antara 0 sampai 1, yaitu 0.640253, 0.634315, 0.482832, 0.300318 dan 0.196075. Setelah itu program akan membandingkan angka acak dengan Qk kromosom sehingga menghasilkan tabel hasil seleksi yang dapat dilihat pada tabel 2.

 

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

94


JURNAL ILMIAH FIFO

 

P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

 

Tabel 2 Tabel Hasil Seleksi

 

 

 

Kromosom

RAB Proyek

Nilai Fitness

Asal

 

 

1’

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1 Lantai)

103343038

3

 

 

2’

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1 Lantai)

103343038

3

 

 

3’

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1 Lantai)

103343038

3

 

 

4’

Rumah Tipe LB 36 LT 60 (1 Lantai)

95465038

2

 

 

5’

Rumah Tipe LB 21 LT 60 (1 Lantai)

74465030.5

1

 

 

Lalu menentukan peluang crossover yaitu Pc = 0.25, yang berarti sebesar 25% dari jumlah kromosom akan mengalami crossover. Kemudian program akan menampilkan angka acak lagi dari angka 0 sampai 1, yang akan digunakan dalam proses crossover yaitu 0.129652, 0.170123, 0.279195, 0.835208 dan 0.408309. Program akan mencari angka acak yang lebih kecil dari nilai peluang crossover dari masing - masing kromosom. 2 kromosom dengan angka acak lebih kecil dari peluang crossover itu lah yang akan mengalami crossover. Dari angka acak diatas didapatkan kromosom yang akan mengalami crossover adalah kromosom nomor 1 dan 2. Tabel kromosom yang berhak mengalami crossover dapat dilihat pada Tabel 3.

 

Tabel 3 Tabel Kromosom yang mengalami Crossover

Kromosom

RAB Proyek

Nilai Fitness

1’’

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1 Lantai)

103343038

 

 

2’’

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1 Lantai)

103343038

 

 

 

Setelah diperoleh kromosom yang berhak mengalami crossover, selanjutnya program akan melakukan crossover pada 2 kromosom tersebut. Tabel hasil crossover dapat dilihat pada Tabel 4.

 

 

 

 

 

 

Tabel 4 Tabel Hasil Crossover

 

 

 

 

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1

Rumah Tipe LB 36 LT 72 (1

Kromosom Keturunan (Hasil

 

 

Lantai)

 

 

Lantai)

 

No.

 

 

 

 

Crossover)

 

(Kromosom Induk 1)

 

(Kromosom Induk 2)

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama

 

Harga

Hari

Nama

 

Harga

Hari

Nama

Harga

Hari

1

Pengukuran

 

72.000

1

Pengukuran

 

72.000

1

Pengukuran

72.000

1

Ulang Tanah

 

Ulang Tanah

 

Ulang Tanah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Legalisasi

 

288.000

2

Legalisasi

 

288.000

2

Legalisasi

288.000

2

Site Plan

 

Site Plan

 

Site Plan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Pekerjaan

 

144.000

2

Pekerjaan

 

144.000

2

Pekerjaan

144.000

2

Persiapan

 

Persiapan

 

Persiapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Pembersihan

 

144.000

2

Pembersihan

 

144.000

2

Pembersihan

144.000

2

Lahan

 

Lahan

 

Lahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Pembersihan

 

288.000

2

Pembersihan

 

288.000

2

Pembersihan

288.000

2

Akhir Lokasi

 

Akhir Lokasi

 

Akhir Lokasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instalasi

 

 

 

Instalasi

 

 

 

Instalasi

 

 

6

Jaringan Air

 

3.000.000

2

Jaringan Air

 

3.000.000

2

Jaringan Air

3.000.000

2

 

Bersih

 

 

 

Bersih

 

 

 

Bersih

 

 

 

Instalasi

 

 

 

Instalasi

 

 

 

Instalasi

 

 

7

Jaringan

 

3.200.000

4

Jaringan

 

3.200.000

4

Jaringan

3.200.000

4

 

Listrik

 

 

 

Listrik

 

 

 

Listrik

 

 

8

Pohon

 

150.000

1

Pohon

 

150.000

1

Pohon

150.000

1

Peneduh

 

Peneduh

 

Peneduh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tipe Rumah

 

100.800.

 

Tipe Rumah

 

100.800.

 

Tipe Rumah

100.800.

 

9

LB 36 (1

 

38

LB 36 (1

 

38

LB 36 (1

38

 

000

 

000

000

 

Lantai)

 

 

Lantai)

 

 

Lantai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Nilai Tanah

 

93.600.

1

Nilai Tanah

 

93.600.

1

Nilai Tanah

93.600.

1

 

000

 

000

000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Pengurusan

 

5.000.000

21

Pengurusan

 

5.000.

21

Pengurusan

5.000.000

21

IMB Unit

 

IMB Unit

 

000

IMB Unit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

95


JURNAL ILMIAH FIFO                                                                                        P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

Setelah berhasil melakukan crossover, maka akan diperoleh hasil prediksi yang dapat dilihat pada Tabel 5.

 

Tabel 5 Tabel Hasil Prediksi

Nama Proyek Yang Diprediksi

Prediksi Total Biaya Pengerjaan

Prediksi Total Waktu Pengerjaan

Rumah Tipe LB 120 LT 220 (2 Lantai)

Rp 206.686.000,-

76 Hari

 

 

 

 

Tabel 5 merupakan tabel hasil prediksi yang telah dilakukan dengan menggunakan proses seleksi dan crossover algoritma genetika.

 

3.6 Pengujian Keberhasilan Metode

 

Pengujian dilakukan dengan melakukan pengujian langsung pada aplikasi prediksi waktu dan biaya dengan menggunakan data proyek dummy atau proyek yang pernah dikerjakan oleh perusahaan. Kolom No. berisi nomor untuk setiap baris pada tabel pengujian. Kolom Jenis Bangunan berisi jenis bangunan yang dilakukan pengujian. Kolom Ukuran berisi ukuran dari bangunan yang diprediksi. Kolom Ukuran berisi dua sub kolom yaitu: sub kolom Luas Tanah (M2) dan Luas Bangunan (M2).

 

Pada sub kolom luas tanah berisi luas tanah dari bangunan yang akan diprediksi (dalam satuan meter persegi) sedangkan kolom luas bangunan merupakan luas dari bangunan yang akan di prediksi (dalam satuan meter persegi). Kolom Hasil Proyek berisi hasil pengerjaan proyek konstruksi dari awal sampai proyek selesai dikerjakan. Kolom Hasil Proyek memiliki dua sub kolom yaitu: sub kolom Waktu (Hari) dan Biaya (Rp.). Pada sub kolom waktu berisi jumlah waktu yang diperlukan dalam pengerjaan proyek pembangunan dari awal proyek sampai selesai (dalam hari). Sedangkan sub kolom biaya berisi biaya yang diperlukan dalam pengerjaan proyek dari awal proyek sampai selesai (dalam rupiah).

 

Kolom Hasil Program berisi hasil prediksi yang dikeluarkan oleh program berdasarkan kuesioner yang telah diisi. Kolom Hasil Program memiliki dua sub kolom yaitu: sub kolom Waktu dan Biaya. Pada sub kolom waktu berisi jumlah waktu dari hasil prediksi aplikasi (dalam hari). Sedangkan sub kolom biaya berisi biaya hasil prediksi aplikasi (dalam rupiah). Kolom Persentase berisi jumlah persentase persamaan antara kolom hasil proyek dengan kolom hasil program. Baris Rata - rata merupakan rata - rata dari hasil persentase, Jumlah iterasi atau pengulangan yang dilakukan sebanyak 20 kali. Tabel pengujian dibawah ini merupakan salah satu dari 20 pengulangan yang dilakukan dengan persentase keakuratan terbesar yaitu 98.72%.

 

Tabel 6 Tabel Pengujian Algoritma Genetika

 

 

 

Ukuran

Hasil Proyek

Hasil Program

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persentase

 

 

No.

Jenis Bangunan

Luas Tanah

Luas Bangunan

Waktu

Biaya

Waktu

Biaya

 

 

(%)

 

 

2

2

 

 

 

 

 

 

 

 

(M )

(M )

(Hari)

(Rp.)

(Hari)

(Rp.)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Rumah 1 Lantai

60

36

76 Hari

Rp 190.930.000,-

76 Hari

Rp 190.930.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Rumah 1 Lantai

60

21

61 Hari

Rp 148.930.000,-

61 Hari

Rp 148.930.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Rumah 1 Lantai

72

36

76 Hari

Rp 206.686.000,-

76 Hari

Rp 222.274.000,-

96

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Rumah 1 Lantai

72

45

88 Hari

Rp 231.886.000,-

88 Hari

Rp 231.886.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Rumah 1 Lantai

72

58

102 Hari

Rp 268.286.000,-

102 Hari

Rp 252.614.000,-

97

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Rumah 1 Lantai

84

60

104 Hari

Rp 289.642.000,-

104 Hari

Rp 297.478.000,-

98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Rumah 1 Lantai

90

36

76 Hari

Rp 230.320.000,-

76 Hari

Rp 222.484.000,-

98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Rumah 1 Lantai

96

60

104 Hari

Rp 305.398.000,-

104 Hari

Rp 315.874.000,-

98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Rumah 1 Lantai

96

45

88 Hari

Rp 263.398.000,-

88 Hari

Rp 263.398.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Rumah 1 Lantai

100

60

104 Hari

Rp 310.650.000,-

104 Hari

Rp 305.454.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Rumah 1 Lantai

104

54

98 Hari

Rp 299.102.000,-

98 Hari

Rp 303.020.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Rumah 1 Lantai

104

60

104 Hari

Rp 315.902.000,-

104 Hari

Rp 319.820.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Rumah 3 Lantai

105

210

268 Hari

Rp 737.215.000,-

268 Hari

Rp 730.685.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

Rumah 2 Lantai

105

140

191 Hari

Rp 541.215.000,-

191 Hari

Rp 541.215.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Rumah 2 Lantai

107

92

139 Hari

Rp 409.441.000,-

139 Hari

Rp 409.441.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

Rumah 2 Lantai

107

89

136 Hari

Rp 401.041.000,-

136 Hari

Rp 401.041.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

Rumah 2 Lantai

107

84

130 Hari

Rp 387.041.000,-

130 Hari

Rp 387.041.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

Rumah 2 Lantai

107

106

154 Hari

Rp 448.641.000,-

154 Hari

Rp 448.641.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

Rumah 1 Lantai

120

70

115 Hari

Rp 364.910.000,-

115 Hari

Rp 377.970.000,-

98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

Rumah 2 Lantai

130

90

137 Hari

Rp 434.040.000,-

137 Hari

Rp 420.980.000,-

98

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21

Rumah 2 Lantai

135

180

235 Hari

Rp 692.605.000,-

235 Hari

Rp 686.075.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22

Rumah 3 Lantai

140

270

334 Hari

Rp 951.170.000,-

334 Hari

Rp 944.640.000,-

99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23

Rumah 3 Lantai

140

210

268 Hari

Rp 783.170.000,-

268 Hari

Rp 783.170.000,-

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24

Rumah 2 Lantai

180

180

235 Hari

Rp 751.690.000,-

235 Hari

Rp 699.450.000,-

96

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

 

 

 

 

 

96


JURNAL ILMIAH FIFO

 

 

 

P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

Rumah 2 Lantai

 

220

120

170 Hari

Rp 636.210.000,-

170 Hari

Rp 583.970.000,-

95

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata - rata

98.72%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan pengujian yang dilakukan pada tabel 4.6 di atas didapatkan kesimpulan bahwa algoritma genetika dapat diterapkan pada aplikasi prediksi waktu dan biaya proyek konstruksi dengan persentase keakuratan sebesar 98.72%.

 

4.       KESIMPULAN

Berdasarkan hasil perancangan dan percobaan, di simpulkan penelitian ini yaitu:

 

1.       Aplikasi ini dapat memberikan output berupa hasil prediksi waktu dan biaya pengerjaan proyek konstruksi berdasarkan luas tanah yang di input dan pemilihan kromosom. Kromosom yang dimaksud adalah salah satu pekerjaan dari masing - masing proyek, yang memiliki luas tanah dengan selisih 5 angka dari luas tanah yang di input.

 

2.       Algoritma Genetika dapat diimplementasi pada sistem. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil output berupa hasil prediksi biaya dan waktu pengerjaan proyek menggunakan Algoritma Genetika dengan persentase keakuratan sebesar 98.72%.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

[1]     Widodo, A. W. dan W. F. Mahmudy. 2010, Penerapan Algoritma Genetika Pada Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner, Jurnal Ilmiah KRUSOR, Vol.5. No.4.

 

[2]     Zamani, A. M., B. Amaliah dan A. Munif. 2012, Implementasi Algoritma Genetika pada Struktur Backpropagation Neural Network untuk Klasifikasi Kanker Payudara, Jurnal Teknik ITS, Vol.1.

 

[3]     Anwar, S., H. Suyono dan H. Soekotjo D. 2012, Optimalisasi Penempatan SVC untuk Memperbaiki Profil Tegangan dengan Menggunakan Algoritma Genetika, Jurnal Elektro ELTEK, Vol.3. No.1.

 

[4]     Yoza, H., S. Susanty dan A. Imran. 2013, Usulan Perbaikan Rute Pendistribusian Beras Bersubsidi Menggunakan Algoritma Genetika, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol.1. No.2.

 

[5]     Desiani, Anita dan M. Arhami, 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI.

 

[6]     Gen, M., dan R. Cheng, 2000. Genetic Algorithm and Engineering Optimization, John Wiley and Sons, Inc., New York.

 

[7]     Kusumadewi, S, 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Volume IX/No.2/November/2017

97

 

Comments

Popular posts from this blog

percobaan 12